cara hitungan kredit mobil

(Bantu Sharing Aja) Tips Detail Cara Perhitungan Cicilan Kredit Motor Mobil…

Trit informatif ini sayang kalau gak di bookmark, makanya artikel yang saya dapet dari link kaskus berikut ini mudah-mudahan menjadi berguna setelah di share ke lebih banyak orang. :)

Kasus-1: Jangan Keliru Soal DP (Down Payment/Uang Muka)

ILUSTRASI 1
Tono udah lama ngebet pengen beli mobil baru merk D tipe X, tapi kalo musti beli kontan kayaknya Tono angkat tangan.
Akhirnya beli kredit jadi solusi. Diapun melangkah masuk ke sebuah showroom.

SiMbak: siang Pak, bisa kami bantu?
Tono : hmm, kalo tipe X yg disitu itu, berapaan ya Mbak? bisa kredit kan?
SiMbak: so pasti bisa kredit doong. Kalo yg grade itu harganya 150jt
Tono : jadi kalo kredit DP-nya musti berapa?
SiMbak: DP minimalnya cukup 30% aja koq. Kreditnya jg bisa 4 tahun lho
Tono : (komat-kamit ngitung dlm hati: 30% x 150jt = 45jt, tabungan udah kumpul 47jt.. wah, bisa lah.!). Kalo angsurannya berapa?
SiMbak: sebentar ya, Pak.. Kalo 4 thn, angsuran/bulannya cuma Rp.2.625.000,- ringan kan? ayo ambil aja, Pak
Tono : ok deh, jadi mbak. Sekarang gimana?
SiMbak: bapak cukup setor utk booking aja dulu 1jt. Setelah proses kreditnya selesai, tinggal lunasi sisa DP-nya Rp.64.150.000,- lagi
Tono : (gubrag..!!) lho, koq sisa DP-nya segitu mbak, tadi katanya 30%..?! berarti mustinya cuma tinggal 44jt lagi dong..!
SiMbak: Kalo 45jt itu DP Murni-nya pak. Total DP-nya Rp.65.150.000,- termasuk asuransi, provisi, by administrasi sama angsuran pertama
Tono : (bengong, sambil menatap angan-2 punya mobil barunya utk sementara menguap dulu)