capres dan wapres 2014

SBY Lebay Politik: Pidato Demokrat Menggugat di Temu Kader PD

Pidato SBY Lebay Politik di Temu Kader PD

SBY meninggalkan banyak sekali kesan dalam pidatonya di depan Temu Kader Akbar Partai Demokrat. Pidatonya merupakan campuran dari banyak rasa. Ada sedikit rasa perjuangan, rasa pembelaan diri, curhat, kesal, ditambah bumbu rasa penasaran, dan akhirnya dibungkus dengan keputusasaan.

SBY Lebay Politik

Kalau zaman dahulu, Soekarno pernah gagah berani di depan Belanda dengan pidato Indonesia Menggugatnya. Kira-kira kali ini sama, SBY juga berpidato Demokrat Menggugat. Kalau dulu Soekarno melawan penjajah, kalau kali ini SBY kok kerasa menggugat bangsanya sendiri ya? SBY menggugat persepsi rakyatnya sendiri yang sudah menganggap partai Demokrat partai yang korup.

Nada frustasi dan keputusasaan tergambar jelas dari banyaknya kata-kata berbau “curhat” yang dilayangkan SBY. Dia seakan sudah mentok mengapa partai Demokrat yang SBY anggap pro pemberantasan korupsi malah dituding sarang koruptor. SBY juga menuding ada media yang kerjanya hanya menelanjangi Demokrat seolah partai lain tidak pernah terkait kasus korupsi juga. Banyak bahkan di antaranya SBY seperti bertanya balik kepada audiens nya: mengapa, mengapa, mengapa (bisa demikian)?

SBY Baliho Berjalan, SBY Lebay Politik

Di akhir-akhir pidatonya, SBY juga membandingkan keberhasilan pemerintahan Demokrat yang jauh lebih nyata dibandingkan janji-janji setinggi langit kampanye para pesaingnya. Impresi yang muncul saat pidato di bagian ini, SBY seolah mempertanyakan rakyat: Loe orang kenapa gak bisa lihat sih keberhasilan yang gue capai? Sepertinya sudah pada level depresi.

Rhoceng a.k.a Rhoma Irama Aceng Fikri for President 2014!

Rhoma Irama Aceng Fikri for President 2014

Hahaha, malam ini ada lelucon akhir tahun yang bikin ngakak: Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (notabene Ketum PKB, Partai Kebangkitan Bangsa) menyatakan tertarik untuk meminang Bang Haji Rhoma Irama untuk calon presiden di 2014 nanti!

Rhoma Irama Aceng Fikri for President 2014? Satu kata, gokil!

Tanpa perlu analisis, mungkin ini cuma cara Cak Imin untuk turut memberikan kado guyonan di akhir tahun untuk masyarakat Indonesia supaya bisa dapet hiburan gratis daripada serius-stress mikirin perpolitikan yang makin ga jelas. Tapi bener-bener gak kebayang loh kalau ini beneran serius. Dilihat dari faktor apa pun, masih banyak calon lain yang harusnya PKB bisa usung. Bahkan, daripada usung Rhoma Irama, Cak Imin mungkin bisa pertimbangkan cara yang sama dengan PSSI yaitu menaturalisasi capres dari negara lain. Mendingan gitu deh daripada Rhoma.

Rhoma Irama Aceng Fikri for President 2014

Andaikata juga ini bener dan akhirnya menjadi kenyataan, almarhum presiden Gus Dur pasti kecewa bener. Bagaimana mungkin PKB yang dulu mengusung tokoh sekaliber Gus Dur sekarang ngusung Rhoma? Bumi memang bundar. Kalau kata tokoh mah sih ini cuma intrik politik dari Cak Imin untuk “iklan gratis” di tv, istilahnya window shopping, sukur-sukur fans Rhoma banyak yang akhirnya simpati ke PKB walau di ujungnya PKB gak jadi ngusung Rhoma. Tapi entahlah.